Anoreksia adalah kelainan psikis yang diderita seseorang berupa kehilangan nafsu makan, meski sebenarnya lapar dan berserela terhadap makanan. 95 persen penderita anoreksia adalah perempuan yang memasuki masa puber seperti remaja dan perempuan dewasa. Hal ini umumnya disebabkan karena keinginan memilii tubuh kurus dan takut berat badan kita bertambah sehingga muncul gejala yang menolak makanan dari luar.
Hal ini bisa dikategorikan sebagai penyakit ringan, namun jika terus dibiarkan maka dapat menyebabkan kematian. Kondisi ini pada umunya ditandai dengan beberapa gejala psikologis, seperti;
• Keinginan memiliki tubuh kurus
• Ketakutan berlebih pada kegemukan
• Penolakan untuk mempertahankan berat badan seperti melakukan diet ekstrem
• Hilangnya siklus menstruasi
• Menyembunyikan atau menghilangkan makanan secara sengaja
• Melakukan olahraga secara berlebihan untuk mengendalikan berat badan
• Merasa gemuk meski tubuhnya kurus
Hingga kini masih belum diketahui penyebab pasti dari anoreksia. Para ahli kesehatan berpendapat bahwa faktor sosial memegang peranan penting. Dizaman ini, ita umumnya menganggap bahwa seorang cewek yang kurus dan langsing itu rata-rata cantik. Lihat conthnya, artis-artis dalam dan luar negeri. Biasanya jika kita terlalu mengidolakan dan keseringan membaca majalah, akan timbul keinginan untuk memiliki tubuh “ideal” yang sama dengan idola kita. Kita boleh saja menguruskan badan, karena kegemukan juga banyak menimbulkan komplikaas penyakit, tapi tentu saja tidak sampai berlebihan. Jika kita sudah dianggap terkena penyakit anoreksia, bisanya kita terus memuntahkan makanan yang kita telan sebagai reaksi psikis akan takutnya berat badan bertambah. Saatnya kita belajar untuk menerima diri kita apa adanya. Keep our healty and keep livng on…!

Anoreksia nervosa (AN) adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Pencitraan diri pada penderita AN dipengaruhi oleh bias kognitif (pola penyimpangan dalam menilai suatu situasi) dan memengaruhi cara seseorang dalam berpikir serta mengevaluasi tubuh dan makanannya.

Nah berikut ini ada beberapa kasus Anoreksia Paling Mencengangkan yang pernah terjadi di dunia ini mau tahu apa aja itu simak berikut ini.

1. Anoreksia pada 2 gadis kembar identik

Dua gadis kembar berusia 20 tahun harus berjuang untuk hidup. Tubuh yang sangat kurus ibarat kulit pembungkus tulang membuat mereka tampak seperti wanita tua karena tulang pipi yang terlihat tinggi.

Ayahnya Christy (58 tahun) dan istrinya Clare (56 tahun) harus mengantarkan si kembar yang menghabiskan sebagian besar hidup masa remaja dan dewasa untuk keluar masuk klinik pemulihan. Si kembar bahkan pernah dirawat di rumah sakit selama beberapa bulan untuk mengalahkan anoreksia.

2. Model pria yang meninggal karena anoreksia

Jeremy Gillitzer pernah menjadi model pria berwajah tampan dan penampilan menakjubkan dengan perut six-pack. Tapi dibalik penampilan luar biasanya, banyak orang yang tidak tahu bahwa ia berjuang keras melawan anoreksia dan bulimia. Karena kelaparan kronis, merangsang diri sendiri untuk muntah dan olahraga tak kenal lelah, tubuhnya menjadi sangat kurus. Ia akhirnya meninggal pada usia 38 tahun di 2010 dengan berat badan hanya 29 kg.

3. Ibu kurus anoreksia yang bisa pakai baju putrinya usia 7 tahun

Rebecca Jones (26 tahun) bangga bisa mengenakan baju putrinya Maisy yang baru berusia 7 tahun dan memiliki berat badan lebih besar ketimbang ibunya. Namun Rebecca tak sadar bahwa dibalik kebanggaannya tersebut terdapat masalah besar yang mengintainya. Ia terancam membuat dirinya sendiri kelaparan hingga mati.

Rebecca telah bertahan dengan hanya makan sup, roti bakar dan minuman energi selama empat tahun, tapi sembilan bulan lalu ia pernah dilarikan ke rumah sakit. Dia memiliki tingkat kalium sangat rendah dan denyut nadi sangat tinggi.

4. Gadis anoreksia yang berjalan 12 jam sehari untuk menurunkan berat badan

Berat badan Lauren Bailey turun hingga 22 kg setelah berjalan kaki hingga 12 jam sehari. Berat badannya yang sangat kurus membuatnya harus dirawat selama 18 bulan di rumah sakit sebagai upaya terakhir mengatasi anoreksia.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s