Kelompok :

Denis Rahayu Yuna Pratama

Siti Munawaroh

Nama Sekolah                   : SMAMata Pelajaran                 : Kimia

Kelas/Semester                                : XI/2

Standar Kompetensi       : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam basa, metode pengukuran dan terapannya

Alokasi Waktu                   : 12 JP

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/Bahan/Alat

4.1 Mendiskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • o Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
  • o Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
  • o Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted-Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
  • o Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis
Teori asam-basa
  • Menjelaskan pengertian asam basa Arrhenius, bronsted-Lowry serta asam basa lewis melalui diskusi kelas
  • Berlatih menentukan pasangan asam-basa Bronsted-Lowry
Jenis tagihan:

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk instrumen:

Performans

Laporan tertulis

Tes tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 JP Sumber:

Buku Kimia

Internet

Artikel

Bahan:

LKS

Bahan dan alat praktikum

Alat:

Media audio visual

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • o Mengidentifikasikan sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator
  • Sifat larutan asam dan basa
    • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasiasam dan basa dengan berbagai indikator melalui kerja kelompok di laboratorium
    • Menyimpulkan sifat asam atau basa dari suatu larutan
8 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa
  • Derajat keasaman
    • Merancang dan melakukan percobaan untuk memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna indikator asam dan basa melalui kerja kelompok di laboratorium
    • Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam basa yang konsentrasinya sama
    • Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat ionisasi (a) dan tetapan keasaman (Ka) atau tetapan kebasaan (Kb)
    • Derajat ionisasi, tetapan asam dan tetapan basa
      • Menyimpulkan trayek pH asam basa
      • Melalui diskusi kelas menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan basa yang konsentrasinya sama, menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat ionisasi (a)  dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)
      • Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan
        • Aplikasi konsep pH dalam pencemaran
          • Menghitung pH dan derajat ionisasi larutan dari data konsentrasinya
          • Meneliti dan menghitung pH air sungai disekitar sekolah/rumah dalm kerja kelompok

 

 

 

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan         :  SMA …

Mata Pelajaran               :  Kimia

Kelas / Semester             :  XI / 2

Materi Pembelajaran      :  Larutan Asam Basa

Jumlah Pertemuan          :  7 Pertemuan (12 JP)

 

Standar Kompetensi :

4.  Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya

Kompetensi dasar : 

4.1  Mendiskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan

Indikator : 

  1. Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
  2. Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
  3. Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted-Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
  4. Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis
  5. Mengidentifikasikan sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator
  6. Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa
  7. Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam basa yang konsentrasinya sama
  8. Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat ionisasi (a) dan tetapan keasaman (Ka) atau tetapan kebasaan (Kb)
  9. Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan

Tujuan Pembelajaran :

(1)      Siswa dapat menjelaskan pengertian asam basa menurut Arrhenius.

(2)      Siswa dapat menjelaskan pengertian asam basa menurut Bronsted-Lowry.

(3)      a. Siswa dapat menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted-Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya.

b. Siswa dapat menunjukkan pasangan asam basa konjugasi menurut Bronsted-Lowry jika diberikan beberapa reaksi

(4)      a. Siswa dapat menjelaskan pengertian asam basa menurut Lewis.

b. Siswa dapat menunjukkan pasangan asam basa konjugasi menurut Lewis jika diberikan beberapa reaksi

(5)      Siswa dapat mengidentifikasikan sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator buatan  dan atau alami melalui percobaan

(6)      Siswa dapat memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan  trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa yang diberikan.

(7)      a. Siswa dapat menjelaskan pengertian kekuatan asam  (Ka) dan kekuatan basa (Kb)

b. Siswa dapat mengukur pH dari beberapa larutan asam basa yang konsentrasinya sama kemudian dapat menyimpulkan kekuatan asam basa dari hasil pengukuran pH tersebut melalui percobaan

(8)     a. Siswa dapat menjelaskan pengertian derajat ionisasi (a)

Siswa dapat  menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat ionisasi (a) dan tetapan  keasaman (Ka) atau tetapan kebasaan (Kb).

(9).  Siswa dapat menjelaskan penggunaan konsep pH dalam  lingkungan.

 

Materi Ajar

            Terlampir

 

Alokasi Waktu

Alokasi waktu dalam pembelajaran ini adalah 12 x 45 menit atau tujuh kali pertemuan:

  • Pertemuan I-IV digunakan untuk pendahuluan materi dan pemberian materi,
  • Pertemuan V  digunakan untuk praktikum.
  • Pertemuan VI-VII digunakan untuk melanjutkan materi yang belum disampaikan.

 

Model dan Metode Pembelajaran :

  • Penyampaian informasi (ceramah)
  • Diskusi
  • Kegiatan laboratorium (eksperimen)

Dimana model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran partisipatif.

 

Proses Belajar Mengajar

  1. Pertemuan I (2 x 45 menit)

No.

Kegiatan

Isi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Kegiatan awal
  • Ø Salam pembuka dan mengabsen siswa
  • Ø Apersepsi : Guru menceritakan fenomena yang ada di lingkungan berkaitan dengan asam basa
  • Ø Motivasi : Guru menjelaskan tujuan pembelajaran untuk memotivasi siswa dalam memahami materi ajar.

10 menit

2.

Kegiatan Inti
  • Ø Siswa mengetahui pengertian asam basa menurut arhenius
  • Ø Siswa pengertian asam basa menurut Bronsted-Lowry
  • Siswa mengetahui  persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted-Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
    • Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis

 

70 menit

3.

Kegiatan Penutup
  • Guru membuat rangkuman / kesimpulan asam basa menurut,arhenius, bronsted lowry dan lewis
  • Ø Guru memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (perhitungan PH asam basa)

10 menit

 

 

 

  1. Pertemuan 2 (2 x 45 menit)

No.

Kegiatan

Isi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Kegiatan awal

 

 

 

  • Ø Salam pembuka dan mengabsen siswa
  • Ø Guru menanyakan apakah sebelumnya siswa sudah belajar tentang perhitungan asam basa
  • Ø Apersepsi : Guru  bertanya  kepada siswa

tentang, ciri-ciri asam dan basa. Dan zat yangterbentuk dari reaksi asam-basa

  • Ø Motivasi : Guru menjelaskan tujuan pembelajaran untuk memotivasi siswa dalam memahami materi ajar.

10 menit

2.

Kegiatan Inti
  • Clas presentation

Guru  mempresentasikan  materi  dengan

menggunakan berbagai Media Pembelajaran

  • Ø Pembentukan team,

Yang  tiap  kelompok  terdiri  dari  4-5  orang

dengan  memperhatikan  kemampuan,    Dan diberikan LKS sebagai

  • pedoman kerja kelompok

Diskusi  kelas  (validasi)  dengan  bimbingan

guru dan menyimpulkan hasil diskusi

50 menit

3.

Kegiatan Penutup
  • Guru membuat mempersilahkan salah satu siswanya untuk menuliskan hasil diskusinya,dan memberikan evaluasi hasil pekerjaan siswa
  • Ø Guru menginformasikan pada siswa untuk mempelajarikembali tentang teori asam basa,dan perhitungan ph asam basa

30 menit

 

 

 

 

 

 


 

No       Campuran Larutan – Asam – basa                                                Nilai pH

 

1          20 ml larutan HCL  0,1                                                            … ………………………

 

2          20 ml larutan HCL  0,1+ 10 ml larutan NaOH   0,1M           ………………………….

 

3          20 ml larutan HCL  0,1+ 20 ml larutan NaOH   0,1M           ……………………………

 

4          20 ml larutan HCL  0,1+ 30 ml larutan NaOH   0,1M          …………………………..

 

5          20 ml larutan HCL  0,1+ 40 ml larutan NaOH   0,1M           …………………………

 

 

B. Pertanyaan :

 

  1. Bersifat apakah larutan pada percobaan

1 :

2 :

3 :

4 :

5 :

 

 

  1.  Buatlah persamaan reaksi Asam – Basa di atas.

 

 

 

 

 

Kunci Jawaban

 

A.

1. pH =   1

2. pH =   2

3. pH =   7,0

4. pH = 12,

5. pH = 13,

B. Jawaban Pertanyaan.

1. Sifat larutan pada percobaan

1 = Asam

2 = Asam

3 = Netral

4 = Basa

5 = Basa

2. Persamaan Reaksi Asam – basa

HCL (aq)+ NaOH (aq)                                NaCL(aq) + H2O (e)


 

  1. Pertemuan 3 (1x 45 menit)

No.

Kegiatan

Isi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Kegiatan awal
  • Ø Salam pembuka dan mengabsen siswa
  • Ø Guru menanyakan apakah sebelumnya siswa sudah belajar tentang perhitungan asam basa
  • Ø Apersepsi : Guru  bertanya  kepada siswa sudahmengulang yang dipelajari pada dua pertemuan sebelumnya
    • Ø Motivasi : Guru menjelaskan tujuan latihan soal untuk memotivasi siswa dalam mengerjakan soal.

7 menit

2.

Kegiatan Inti
  • Guru memberikan beberapa latihan soal kepada siswa
  • Guru menunjuk beberapa siswa secara acakuntuk maju mengerjakan soal untukmengetahui pemahaman siswa

30 menit

3.

Kegiatan Penutup  

  • Ø Guru menginformasikan pada siswa bahwa agenda selanjutnya adalah praktikum,sehingg siswa sebelumnya diharuskan  mempelajari panduan praktikum dan menyiapkan indikator alam dari rumah,kelompok praktikumsesuaiyang dibentuk pada pertemuan ke dua

8 menit

 

 

 

  1. Pertemuan 4 (2 x 45 menit)

No.

Kegiatan

Isi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Kegiatan awal

 

 

 

  • Ø Salam pembuka dan mengabsen siswa
  • Ø Guru menanyakan apakah sudah menyiapkan alat dan bahan buat praktikum,selanjutnya guru meminta bantuan pada aslab untuk membanu mengawasi jalanya paraktikum
  • Ø Apersepsi : menjelaskan sekilastentang percobaan
    • Ø Motivasi : Guru menjelaskan tujuan percobaan untuk memotivasi siswa dalam melaksanakan praktikum.

10 menit

2.

Kegiatan Inti
  • Siswa melaksanakan praktikum dengan kelompok masing-masing
  • Guru dan asisten lab mengawasi berjalanya praktikum
  • Siswa membuat laporan hasil sementara per kelompok

60 menit

3.

Kegiatan Penutup
  • Ø Siswa melaporkan hasil praktikum pada laporan sementarauntuk di acc guru
  • Ø Guru menginformasikan waktu maksimal pengumpulan laporan
  • Ø Guru menginformasikanagenda pertemuan selanjutnya
  • Ø Salam penutup

20 menit

 

 

 

 

 

  1. Pertemuan 5 (2 x 45 menit)

No.

Kegiatan

Isi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Kegiatan awal

 

 

 

  • Ø Salam pembuka dan mengabsen siswa
  • Ø Guru menanyakan tentang praktikum yang sudah dijalankan sebelumnya
  • Ø Apersepsi : mengulas praktikum yang sebelumnya  telah dilaksanan di pertemuan sebelumnya
    • Ø Motivasi : Guru menjelaskan tujuan pembelajaran untuk memotivasi siswa dalam memahami materi ajar.

10 menit

2.

Kegiatan Inti
  • Siswa mengetahui tentang pengertian asam lemah dan basa lemah
  • Siswa mengetahui tetapan asam lemah (ka) dan basa lemah (Kb),dan menghitung Ph untuk asam lemah dan basa lemah
  • Siswa mengetahui pengertian hidrolisis ,tetapan hidrolisis(Kh) dan PH (hidrolisis)

60 menit

3.

Kegiatan Penutup
  • guru memberikan tugas rumah untuk mengukur PH air di masing di rumah masing-masing
  • guru memberikan beberapalatiahan soal sebagai pekerjaan rumah
  • salam penutup

20 menit

 

 

 

  1. Pertemuan 6 (1 x 45 menit)

No.

Kegiatan

Isi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Kegiatan awal

 

 

 

  • Ø Salam pembuka dan mengabsen siswa
  • Ø Apersepsi : Guru menanyakan tentang pekerjaan rumah yang diberikan
  • Ø Motivasi : Guru menjelaskan tujuan latihan soaln untuk memotivasi siswa dalam mengerjakan soal dan memahami materi ajar.

7 menit

2.

Kegiatan Inti
  • Guru mempersilahkan salah satu siswa untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan pertemuan sebelumnya,kemudian membahas bersama
  • Guru memberikan beberapa latihan soal lagi dan menunjuk siswa untuk mengerjakan soalnya
  • Guru menanyakan apakah ada pertanyaan atau tidak

30 menit

3.

Kegiatan Penutup
  • Guru memberikan informasi bahwa  pertemuan selanjutnya adalah ulangan harian
  • Salam penutup

8 menit

 

 

  1. Pertemuan 7 (2 x 45 menit)

No.

Kegiatan

Isi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Kegiatan awal

 

 

 

  • Ø Salam pembuka dan mengabsen siswa
  • Ø Apersepsi : mempersiapkan kesipan siswa
  • Ø Motivasi : guru memberikan motivasi kepada siswa supaya siswa bersemangat dalam mengerjakan soal ulangan harian.

10 menit

2.

Kegiatan Inti
  • Guru membagikan soal kepada siswa
  • Siswa mengerjakan soal
  • Guru mengawasi siswa saat mengerjakan soal

70menit

3.

Kegiatan Penutup
  • Siswa mengumpulkan jawaban
  • Guru menutup pelajaran
  • Salam penutup

10 menit

 

 

 

 

Kelompok :

Denis Rahayu Yuna Pratama

Siti Munawaroh

Nama Sekolah                   : SMAMata Pelajaran                 : Kimia

Kelas/Semester                                : XI/2

Standar Kompetensi       : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam basa, metode pengukuran dan terapannya

Alokasi Waktu                   : 12 JP

 

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/Bahan/Alat

4.1 Mendiskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • o Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
  • o Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
  • o Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted-Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
  • o Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis
Teori asam-basa
  • Menjelaskan pengertian asam basa Arrhenius, bronsted-Lowry serta asam basa lewis melalui diskusi kelas
  • Berlatih menentukan pasangan asam-basa Bronsted-Lowry
Jenis tagihan:

Tugas kelompok

Ulangan

Bentuk instrumen:

Performans

Laporan tertulis

Tes tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4 JP Sumber:

Buku Kimia

Internet

Artikel

Bahan:

LKS

Bahan dan alat praktikum

Alat:

Media audio visual

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • o Mengidentifikasikan sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator
  • Sifat larutan asam dan basa
    • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasiasam dan basa dengan berbagai indikator melalui kerja kelompok di laboratorium
    • Menyimpulkan sifat asam atau basa dari suatu larutan
8 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa
  • Derajat keasaman
    • Merancang dan melakukan percobaan untuk memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna indikator asam dan basa melalui kerja kelompok di laboratorium
    • Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam basa yang konsentrasinya sama
    • Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat ionisasi (a) dan tetapan keasaman (Ka) atau tetapan kebasaan (Kb)
    • Derajat ionisasi, tetapan asam dan tetapan basa
      • Menyimpulkan trayek pH asam basa
      • Melalui diskusi kelas menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam dan basa yang konsentrasinya sama, menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat ionisasi (a)  dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)
      • Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan
        • Aplikasi konsep pH dalam pencemaran
          • Menghitung pH dan derajat ionisasi larutan dari data konsentrasinya
          • Meneliti dan menghitung pH air sungai disekitar sekolah/rumah dalm kerja kelompok

 

 

 

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan         :  SMA …

Mata Pelajaran               :  Kimia

Kelas / Semester             :  XI / 2

Materi Pembelajaran      :  Larutan Asam Basa

Jumlah Pertemuan          :  7 Pertemuan (12 JP)

 

Standar Kompetensi :

4.  Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran dan terapannya

Kompetensi dasar : 

4.1  Mendiskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan

Indikator : 

  1. Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
  2. Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
  3. Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted-Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
  4. Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis
  5. Mengidentifikasikan sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator
  6. Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa
  7. Menjelaskan pengertian kekuatan asam dan menyimpulkan hasil pengukuran pH dari beberapa larutan asam basa yang konsentrasinya sama
  8. Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat ionisasi (a) dan tetapan keasaman (Ka) atau tetapan kebasaan (Kb)
  9. Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan

Tujuan Pembelajaran :

(1)      Siswa dapat menjelaskan pengertian asam basa menurut Arrhenius.

(2)      Siswa dapat menjelaskan pengertian asam basa menurut Bronsted-Lowry.

(3)      a. Siswa dapat menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted-Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya.

b. Siswa dapat menunjukkan pasangan asam basa konjugasi menurut Bronsted-Lowry jika diberikan beberapa reaksi

(4)      a. Siswa dapat menjelaskan pengertian asam basa menurut Lewis.

b. Siswa dapat menunjukkan pasangan asam basa konjugasi menurut Lewis jika diberikan beberapa reaksi

(5)      Siswa dapat mengidentifikasikan sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator buatan  dan atau alami melalui percobaan

(6)      Siswa dapat memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan  trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa yang diberikan.

(7)      a. Siswa dapat menjelaskan pengertian kekuatan asam  (Ka) dan kekuatan basa (Kb)

b. Siswa dapat mengukur pH dari beberapa larutan asam basa yang konsentrasinya sama kemudian dapat menyimpulkan kekuatan asam basa dari hasil pengukuran pH tersebut melalui percobaan

(8)     a. Siswa dapat menjelaskan pengertian derajat ionisasi (a)

Siswa dapat  menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat ionisasi (a) dan tetapan  keasaman (Ka) atau tetapan kebasaan (Kb).

(9).  Siswa dapat menjelaskan penggunaan konsep pH dalam  lingkungan.

 

Materi Ajar

            Terlampir

 

Alokasi Waktu

Alokasi waktu dalam pembelajaran ini adalah 12 x 45 menit atau tujuh kali pertemuan:

  • Pertemuan I-IV digunakan untuk pendahuluan materi dan pemberian materi,
  • Pertemuan V  digunakan untuk praktikum.
  • Pertemuan VI-VII digunakan untuk melanjutkan materi yang belum disampaikan.

 

Model dan Metode Pembelajaran :

  • Penyampaian informasi (ceramah)
  • Diskusi
  • Kegiatan laboratorium (eksperimen)

Dimana model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran partisipatif.

 

Proses Belajar Mengajar

  1. Pertemuan I (2 x 45 menit)

No.

Kegiatan

Isi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Kegiatan awal
  • Ø Salam pembuka dan mengabsen siswa
  • Ø Apersepsi : Guru menceritakan fenomena yang ada di lingkungan berkaitan dengan asam basa
  • Ø Motivasi : Guru menjelaskan tujuan pembelajaran untuk memotivasi siswa dalam memahami materi ajar.

10 menit

2.

Kegiatan Inti
  • Ø Siswa mengetahui pengertian asam basa menurut arhenius
  • Ø Siswa pengertian asam basa menurut Bronsted-Lowry
  • Siswa mengetahui  persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted-Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
    • Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis

 

70 menit

3.

Kegiatan Penutup
  • Guru membuat rangkuman / kesimpulan asam basa menurut,arhenius, bronsted lowry dan lewis
  • Ø Guru memberi tugas untuk pertemuan berikutnya (perhitungan PH asam basa)

10 menit

 

 

 

  1. Pertemuan 2 (2 x 45 menit)

No.

Kegiatan

Isi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Kegiatan awal

 

 

 

  • Ø Salam pembuka dan mengabsen siswa
  • Ø Guru menanyakan apakah sebelumnya siswa sudah belajar tentang perhitungan asam basa
  • Ø Apersepsi : Guru  bertanya  kepada siswa

tentang, ciri-ciri asam dan basa. Dan zat yangterbentuk dari reaksi asam-basa

  • Ø Motivasi : Guru menjelaskan tujuan pembelajaran untuk memotivasi siswa dalam memahami materi ajar.

10 menit

2.

Kegiatan Inti
  • Clas presentation

Guru  mempresentasikan  materi  dengan

menggunakan berbagai Media Pembelajaran

  • Ø Pembentukan team,

Yang  tiap  kelompok  terdiri  dari  4-5  orang

dengan  memperhatikan  kemampuan,    Dan diberikan LKS sebagai

  • pedoman kerja kelompok

Diskusi  kelas  (validasi)  dengan  bimbingan

guru dan menyimpulkan hasil diskusi

50 menit

3.

Kegiatan Penutup
  • Guru membuat mempersilahkan salah satu siswanya untuk menuliskan hasil diskusinya,dan memberikan evaluasi hasil pekerjaan siswa
  • Ø Guru menginformasikan pada siswa untuk mempelajarikembali tentang teori asam basa,dan perhitungan ph asam basa

30 menit

 

 

 

 

 

 


 

No       Campuran Larutan – Asam – basa                                                Nilai pH

 

1          20 ml larutan HCL  0,1                                                            … ………………………

 

2          20 ml larutan HCL  0,1+ 10 ml larutan NaOH   0,1M           ………………………….

 

3          20 ml larutan HCL  0,1+ 20 ml larutan NaOH   0,1M           ……………………………

 

4          20 ml larutan HCL  0,1+ 30 ml larutan NaOH   0,1M          …………………………..

 

5          20 ml larutan HCL  0,1+ 40 ml larutan NaOH   0,1M           …………………………

 

 

B. Pertanyaan :

 

  1. Bersifat apakah larutan pada percobaan

1 :

2 :

3 :

4 :

5 :

 

 

  1.  Buatlah persamaan reaksi Asam – Basa di atas.

 

 

 

 

 

Kunci Jawaban

 

A.

1. pH =   1

2. pH =   2

3. pH =   7,0

4. pH = 12,

5. pH = 13,

B. Jawaban Pertanyaan.

1. Sifat larutan pada percobaan

1 = Asam

2 = Asam

3 = Netral

4 = Basa

5 = Basa

2. Persamaan Reaksi Asam – basa

HCL (aq)+ NaOH (aq)                                NaCL(aq) + H2O (e)


 

  1. Pertemuan 3 (1x 45 menit)

No.

Kegiatan

Isi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Kegiatan awal
  • Ø Salam pembuka dan mengabsen siswa
  • Ø Guru menanyakan apakah sebelumnya siswa sudah belajar tentang perhitungan asam basa
  • Ø Apersepsi : Guru  bertanya  kepada siswa sudahmengulang yang dipelajari pada dua pertemuan sebelumnya
    • Ø Motivasi : Guru menjelaskan tujuan latihan soal untuk memotivasi siswa dalam mengerjakan soal.

7 menit

2.

Kegiatan Inti
  • Guru memberikan beberapa latihan soal kepada siswa
  • Guru menunjuk beberapa siswa secara acakuntuk maju mengerjakan soal untukmengetahui pemahaman siswa

30 menit

3.

Kegiatan Penutup  

  • Ø Guru menginformasikan pada siswa bahwa agenda selanjutnya adalah praktikum,sehingg siswa sebelumnya diharuskan  mempelajari panduan praktikum dan menyiapkan indikator alam dari rumah,kelompok praktikumsesuaiyang dibentuk pada pertemuan ke dua

8 menit

 

 

 

  1. Pertemuan 4 (2 x 45 menit)

No.

Kegiatan

Isi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Kegiatan awal

 

 

 

  • Ø Salam pembuka dan mengabsen siswa
  • Ø Guru menanyakan apakah sudah menyiapkan alat dan bahan buat praktikum,selanjutnya guru meminta bantuan pada aslab untuk membanu mengawasi jalanya paraktikum
  • Ø Apersepsi : menjelaskan sekilastentang percobaan
    • Ø Motivasi : Guru menjelaskan tujuan percobaan untuk memotivasi siswa dalam melaksanakan praktikum.

10 menit

2.

Kegiatan Inti
  • Siswa melaksanakan praktikum dengan kelompok masing-masing
  • Guru dan asisten lab mengawasi berjalanya praktikum
  • Siswa membuat laporan hasil sementara per kelompok

60 menit

3.

Kegiatan Penutup
  • Ø Siswa melaporkan hasil praktikum pada laporan sementarauntuk di acc guru
  • Ø Guru menginformasikan waktu maksimal pengumpulan laporan
  • Ø Guru menginformasikanagenda pertemuan selanjutnya
  • Ø Salam penutup

20 menit

 

 

 

 

 

  1. Pertemuan 5 (2 x 45 menit)

No.

Kegiatan

Isi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Kegiatan awal

 

 

 

  • Ø Salam pembuka dan mengabsen siswa
  • Ø Guru menanyakan tentang praktikum yang sudah dijalankan sebelumnya
  • Ø Apersepsi : mengulas praktikum yang sebelumnya  telah dilaksanan di pertemuan sebelumnya
    • Ø Motivasi : Guru menjelaskan tujuan pembelajaran untuk memotivasi siswa dalam memahami materi ajar.

10 menit

2.

Kegiatan Inti
  • Siswa mengetahui tentang pengertian asam lemah dan basa lemah
  • Siswa mengetahui tetapan asam lemah (ka) dan basa lemah (Kb),dan menghitung Ph untuk asam lemah dan basa lemah
  • Siswa mengetahui pengertian hidrolisis ,tetapan hidrolisis(Kh) dan PH (hidrolisis)

60 menit

3.

Kegiatan Penutup
  • guru memberikan tugas rumah untuk mengukur PH air di masing di rumah masing-masing
  • guru memberikan beberapalatiahan soal sebagai pekerjaan rumah
  • salam penutup

20 menit

 

 

 

  1. Pertemuan 6 (1 x 45 menit)

No.

Kegiatan

Isi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Kegiatan awal

 

 

 

  • Ø Salam pembuka dan mengabsen siswa
  • Ø Apersepsi : Guru menanyakan tentang pekerjaan rumah yang diberikan
  • Ø Motivasi : Guru menjelaskan tujuan latihan soaln untuk memotivasi siswa dalam mengerjakan soal dan memahami materi ajar.

7 menit

2.

Kegiatan Inti
  • Guru mempersilahkan salah satu siswa untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan pertemuan sebelumnya,kemudian membahas bersama
  • Guru memberikan beberapa latihan soal lagi dan menunjuk siswa untuk mengerjakan soalnya
  • Guru menanyakan apakah ada pertanyaan atau tidak

30 menit

3.

Kegiatan Penutup
  • Guru memberikan informasi bahwa  pertemuan selanjutnya adalah ulangan harian
  • Salam penutup

8 menit

 

 

  1. Pertemuan 7 (2 x 45 menit)

No.

Kegiatan

Isi Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

Kegiatan awal

 

 

 

  • Ø Salam pembuka dan mengabsen siswa
  • Ø Apersepsi : mempersiapkan kesipan siswa
  • Ø Motivasi : guru memberikan motivasi kepada siswa supaya siswa bersemangat dalam mengerjakan soal ulangan harian.

10 menit

2.

Kegiatan Inti
  • Guru membagikan soal kepada siswa
  • Siswa mengerjakan soal
  • Guru mengawasi siswa saat mengerjakan soal

70menit

3.

Kegiatan Penutup
  • Siswa mengumpulkan jawaban
  • Guru menutup pelajaran
  • Salam penutup

10 menit

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s